jobsheet 8 PBO SMT2
LAPORAN PRATIKUM
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Dosen Pembimbing :
Sri Nofri Wihandari, S.Pd., M.Pd.T
SYAFRI WARDIAN
18214046
PROGRAM STUDI D2 TEKNIK ELEKTRONIKA
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2019
A. Tujuan
1. Dengan
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep
enkapsulasi dan information hiding.
2. Dengan
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan untuk mampu membuat
program yang menggunakan enkapsulasi dan information
hiding.
B. Alat dan Bahan
1. Personal Computer
2. Aplikasi NetBeans
C. Teori Singkat
Encapsulation adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain.
Attribute maupun method disembunyikan dengan cara memberikan modifier private.
Enkapsulasi adalah suatu cara
untuk menyembunyikan informasi detail dari suatu class. Dua hal yang
mendasar dalam enkapsulasi yakni :
Information hiding.
Interface to access data.
Information Hiding adalah menyembunyikan attribute dan method suatu objek dari objek lain.
Sebelumnya kita dapat mengakses
anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan
menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses
kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam
class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari
suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari
luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private'
ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan
information hiding.
D. Langkah Kerja
Percobaan 1:
Berikut ini kita akan membuat program yang fungsinya untuk menampilkan
panjang dan lebar persegi panjang serta mencari luasnya dengan
menggunakan konsep enkapsulasi. Project ini akan terdiri dari 2 file,
yaitu file MainPersegiPannjang.java dan PersegiPanjang.java.
Untuk membuat program tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1. Buka program aplikasi NetBeans.
2. Buat Project baru dengan nama MainPersegiPanjang.
3. Pada file MainPersegiPanjang.java
4. Sesuaikan listing programnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:
5. Jika
masih terdapat tanda kesalahan pada listing program, untuk sementara
biarkan saja karena kita belum membuat kelas
PersegiPanjang.
6. Untuk membuat file baru yang bernama PersegiPanjang.java, maka lakukan langkah berikut:
a. Klik kanan pada package mainpersegipanjang New Java Class
b. Ganti nama file dengan “Persegi Panjang”. Seperti yang erlihat pada gambar berikut:
c. Selanjutnya sesuaikan listing programnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:
7. Maka
otomatis kesalahan yang ada pada class MainPersegiPanjang akan hilang
karena class PersegiPanjang telah selesai dibuat.
8. Jalankan project MainPersegiPanjang, sehingga hasilnya sebagai berikut:
Percobaan 2:
Berikut ini adalah program untuk mencari jumlah gaji bersih dengan
mengetahui jumlah gaji kotor dan jumlah potongannya dengan menggunakan
konsep enkapsulasi.
Untuk membuat program tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1. Buat Project dengan nama Encapsulation.
2. Sesuaikan listing program dengan yang terlihat pada gambar berikut:
3. Jalankan program, maka akan tapil tampilan berikut:
E. Evaluasi dan Penugasan
1. Buatlah program untuk mencari jumlah harga yang harus dibayar jika diketahui:
- Barang yang dibeli sebanyak 2 jenis dengan ketentuan sebagai berikut:
• Barang pertama harganya 8.000.000,00
• Barang kedua 2.500.000,00
• Pembeli memperoleh diskon 10% karena belanja di atas 10.000.000,00
- Program ini dapat dikerjakan dengan menggunakan program di percobaan kedua.
Komentar