Jobsheet 4 PBO SMT2



LAPORAN PRATIKUM TEKNIK ELEKTRONIKA
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK















Disusun Oleh :
SYAFRIWARDIAN
NIM : 18214041

Dosen Pembimbing :
Sri Nofri Wihandari, S.Pd, S.Kom








PROGRAM STUDI D2 TEKNIK ELEKTRONIKA
RINTISAN AKADEMI KOMUNITAS PADANG PARIAMAN
PROGRAM STUDI DILUAR DOMISILI (PDD)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2019

Laporan Praktikum 4 PBO (Pemograman Berorientasi Objek)
A.    Teori Singkat

Perulangan (Loop)

            Misalnya kita akan menentukan kelulusan seorang mahasiswa untuk suatu matakuliah. Bagaimana bila kita ingin memproses data dari 100 atau 500 mahasiswa? Sangatlah tidak efisien bila kita menjalankan program sebanyak itu menuliskan blok statemen sejumlah itu. Dibutuhkan perulangan (loop) untuk menangani masalah ini.
            Perulangan dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:
                             Perulangan for
                                   Perulangan while
                                   Perulangaan do..while
1.      Perulangan For
·         Bentuk ini adalah yang paling sering digunakan. for akan mengulang suatu statement atau blok statement sejumlah yang dikehendaki, yakni bila kondisi akhir telah tercapai.
·         Bentuk umum:
2.      Perulangan While
·         Bentuk ini akan terus mengulang statement/blok statement selama kondisi yang ditentukan belum tercapai.
·         Sama seperti for, kondisi adalah ekspresi boolean atau fungsi yang dapat menghasilkan nilai boolean benar atau salah.
·         Bentuk umum:
3.      Perulangan do..while

·         Pada bentuk ini, keyword while diletakkan pada bagian akhir dari perulangan (setelah blok statement)
·         Bentuk umum:

Keyword break dan continue
            Break
                                   Berfungsi untuk menghentikan statement yang terletak pada bagian loop yang terdalam. Biasanya digunakan bersama dengan statement yang mengandung if.
            Continue
                                   Keyword ini hanya menghentikan perulangan yang sedang berlangsung. Kendali program akan menuju akhir dari body loop. 


B.   Langkah Kerja

a). Program perulangan For:

1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoFor


2.      Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:

3. Jalankan program tersebut sehingga hasilnya seperti gambar berikut :


b). Program perulangan While:

1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoWhile :


2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:


 3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :


4. ubah pernyataan counter = 0 menjadi counter = 5, pernyataan while(counter <= 5) dengan while (counter >= 1) dan ++ counter menjadi --counter, amati hasil outputnya.


   c). Program perulangan DoWhile  

1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoDoWhile :


2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:



3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :



d). Program perulangan Keyword Break
1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoBreak :



 2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:




 3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :

  
e). Program perulangan Keyword Continue
      1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoContinue :


2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:


 3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :


 f). Program perulangan Keyword Bilangan Prima
1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama BilanganPrima :

2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 


  3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :

 g). Program perulangan Keyword Bilangan Genap

1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama BilanganGenap :

    2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:

 3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
 


h). Program perulangan Keyword BilanganBulat

1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama BilanganBulatJumlah :


    2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:

  3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :


i). Program perulangan BilanganGanjil (Latihan1) :

1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama BilanganGanjil:

  2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:

 3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :


j). Program perulangan BilanganPositif (Latihan2) : 
1.      Buatlah sebuah project baru dengan nama BilanganPositif:
      2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
    3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini : 
berikit hasil run:
kesimpulan:
           Demikian yang dapat saya berikan  program perulangan positif dan bilangan ganjil dengan memasukkan program-program logika serta koding untuk menampilkan hasil program bilangan positif fan negatif. sekian yang dapat saya berikan sedikit kangkah program [oop] sekian terima kasih.....!!!
 

Komentar

Meta Data

Laporan pratikum 2 algoritma pemograman

Jobsheet 1 PBO SMT2

Laporan Pratikum 3 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 4 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 5 algoritma pemograman

Jobsheet 3 PBO SMT2

Laporan Pratikum 7 algoritma pemograman