Jobsheet 4 PBO SMT2
LAPORAN
PRATIKUM TEKNIK ELEKTRONIKA
PEMOGRAMAN
BERORIENTASI OBJEK
Disusun
Oleh :
SYAFRIWARDIAN
NIM
: 18214041
Dosen
Pembimbing :
Sri
Nofri Wihandari, S.Pd, S.Kom
PROGRAM STUDI D2
TEKNIK ELEKTRONIKA
RINTISAN AKADEMI
KOMUNITAS PADANG PARIAMAN
PROGRAM STUDI
DILUAR DOMISILI (PDD)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
Laporan Praktikum 4 PBO (Pemograman Berorientasi Objek)
A.
Teori
Singkat
Perulangan
(Loop)
•
Misalnya kita akan menentukan kelulusan seorang mahasiswa untuk suatu
matakuliah. Bagaimana bila kita ingin memproses data dari 100 atau 500
mahasiswa? Sangatlah tidak efisien bila kita menjalankan program sebanyak itu
menuliskan blok statemen sejumlah itu. Dibutuhkan perulangan (loop) untuk
menangani masalah ini.
•
Perulangan dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:
– Perulangan for
– Perulangan while
– Perulangaan do..while
1. Perulangan For
· Bentuk ini adalah yang paling sering digunakan. for akan mengulang suatu
statement atau blok statement sejumlah yang dikehendaki, yakni bila kondisi
akhir telah tercapai.
· Bentuk umum:
2. Perulangan While
· Bentuk ini akan terus
mengulang statement/blok statement selama kondisi yang ditentukan belum tercapai.
· Sama seperti for,
kondisi adalah ekspresi boolean atau fungsi yang dapat menghasilkan nilai
boolean benar atau salah.
· Bentuk umum:
3.
Perulangan do..while
· Pada bentuk ini, keyword
while diletakkan pada bagian akhir dari perulangan (setelah blok statement)
· Bentuk umum:
Keyword break dan continue
• Break
– Berfungsi untuk menghentikan statement yang
terletak pada bagian loop yang terdalam. Biasanya digunakan bersama dengan
statement yang mengandung if.
• Continue
– Keyword ini hanya menghentikan perulangan yang
sedang berlangsung. Kendali program akan menuju akhir dari body loop.
B. Langkah Kerja
a). Program perulangan For:
1. Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoFor
2. Sesuaikan sourcecode pada file
tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
3. Jalankan program tersebut sehingga hasilnya seperti gambar berikut :
b). Program perulangan While:
1. Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoWhile :
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang
terlihat pada gambar berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan
tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
4. ubah pernyataan counter = 0 menjadi counter = 5,
pernyataan while(counter <= 5) dengan while (counter >= 1) dan ++ counter
menjadi --counter, amati hasil outputnya.
c). Program
perulangan DoWhile
1. Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoDoWhile
:
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar
berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan
muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
d). Program
perulangan Keyword Break
1. Buatlah sebuah project baru dengan nama DemoBreak :
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada
gambar berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga
akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
e). Program perulangan Keyword Continue
1. Buatlah sebuah project baru dengan nama
DemoContinue :
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
f).
Program perulangan Keyword Bilangan Prima
1. Buatlah sebuah project baru dengan
nama BilanganPrima :
2.Sesuaikan
sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
3.
jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul
hasilnya seperti gambar di bawah ini :
1. Buatlah sebuah project baru dengan
nama BilanganGenap :
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
3.
jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul
hasilnya seperti gambar di bawah ini :
h). Program
perulangan Keyword BilanganBulat
1. Buatlah sebuah project baru dengan
nama BilanganBulatJumlah :
2.Sesuaikan
sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
i). Program perulangan
BilanganGanjil (Latihan1) :
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
j). Program
perulangan BilanganPositif (Latihan2) :
1. Buatlah sebuah project baru dengan
nama BilanganPositif:
2.Sesuaikan sourcecode pada file tersebut seperti yang terlihat
pada gambar berikut:
3. jalankan program tersebut, dengan menekan tmbol shift+f6 , sehingga
akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini :
berikit hasil run:
kesimpulan:
Demikian yang dapat saya berikan program perulangan positif dan bilangan ganjil dengan memasukkan program-program logika serta koding untuk menampilkan hasil program bilangan positif fan negatif. sekian yang dapat saya berikan sedikit kangkah program [oop] sekian terima kasih.....!!!
Komentar