Laporan Pratikum 3 algoritma pemograman

LAPORAN PRAKTEK 4 ( PERTEMUAN KE-5)

TUGAS 3

ALGORITMA PEMOGRAMAN
Disusun Oleh : Syafri Wardian
18214046
Mata Kuliah Praktek :
 input-output pada program bahasa C
Dosen Pembimbing :
Sri Nofri Wihandri ,S.Pd,M.Pd.T
Program Studi :
Teknik Elektronika
Akademi Komunitas Negeri Padang Pariaman
PDDF Universitas Negeri Padang
Tahun 2018
Modul 3

input dan output bahasa c



A.Teori singkat tentang program input-output



Pengertian Input & Output



          Input dan Output (Masukan dan Keluaran) adalah aktifitas pengguna dengan program pada komputer yang memungkinkan kita memberikan data kedalam program dan program itu juga dapat mengeluarkan data untuk pengguna. Data tersebut dapat berupa text, file, gambar, hardcopy dan lain-lain.

Pada ANSI C, operasi Input Output (IO Dasar pada layar CMD/Terminal) dilakukan dengan menggunakan function yang ada pada pustaka stdio, beberapa function yang tersedia pada pustaka stdio untuk IO adalah printf, scanf, putchar, puts dan lain-lain.

          Dan pada bahasa pemrograman C++, pencipta membuat cara baru untuk melakukan operasi Input dan Output yang bisa dipercaya lebih mudah dari bahasa pemrograman C, fitur Input dan output C++ tidak menggantikan fitur input output pada bahasa C, kita tetap biasa menggunakan fungsi-fungsi input output C di dalam program C++. Operasi Input dan Output dapat kita lakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang berada pada Stream dan salah satunya ada pada pustaka iostream.



Output (Keluaran)

Output (keluaran) adalah aktifitas program yang mendapatkan perintah untuk memberikan informasi data kepada pengguna (manusia). Data itu biasanya merupakan hasil olahan dari data sebelumnya. Dalam bahasa C++ kita dapat melakukan pengeluaran menggunakan object cout.
Untuk menggunakan object cout kita membutuhkan Insertion Operator dengan tanda << di antara object dengan ekspresi.
Jika kita ingin melakukan keluaran (menampilkan) nilai dari suatu variable kita hanya akan membutuhkan identias dari variable tersebut dan jika kita ingin langsung menampilakan sebaris kalimat (string), kita dapat melakukanya dengan menambahkan sepasang tanda petik dua di awal kalimat dan di akhir kalimat.

Input (Masukan)

Input adalah interaksi pengguna (manusia) dengan program, memungkinkan program dapat menerima data atau informasi dari pengguna, dalam bahasa pemrograman C++ kita dapat melakukanya perintah masukan dengan menggunakan object cin.
Untuk menggunakan cin kita membutuhkan Extraction Operator dengan tanda >> yang diletakan di antara object cin dan ekspresi.
Sebelum kita mencoba fitur masukan (input) pada C++, kita harus mengetahui bahawa setiap data yang diberikan oleh pengguna akan membutuhkan tempat penyimpanan, pada komputer dinamakan sebagai memori dan memori dapat dipesan dengan menggunakan bahasa pemrograman dengan cara mendirikan variable
Maka data yang diberikan oleh pengguna dalam operasi pemasukan (input) akan disimpan di dalam memori variable yang telah kita dirikan.

B.Operasi Input dan Output dalam bahasa C
Input dan ouput data dalam bahasa C hanya berkisar antara input yang diberikan oleh keyboard yang selanjutnya akan di tampilkan (Output) di layar monitor. Dalam bahasa C banyak format untuk meng-input dan meng-output tergantung pada penggunaan file header yang digunakan, kemudian kali ini aku akan sedikit membahas tentang penggunaan 2 standar input dan output dasar yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman khususnya bahasa C dengan format yang berbeda-beda.
Fungsi Output

             Fungsi Input

1.     scanf()
Jika fungsi scanf ini digunakan untuk membaca data dengan tipe array, karakter yang selanjutnya kita sebut dengan istilah string, maka fungsi ini hanya akan membaca data sampai ditemukan blank(space). Dengan demikian nilai setelah blank dianggap bukan lagi nilai dari variabel yang akan mengisi variabel tersebut. Fungsi scanf lebih cocok digunakan untuk data-data numerik.
 scanf() digunakan untuk menginput data berupa bilangan, karakter, ataupun sebuah string secara terformat. Fungsi scanf() ini hanya akan membaca data sampai ditemukannya sebuah spasi (space). Misalnya kita memasukkan nama "Denis Julianto", program hanya akan membaca kata "Denis", sedangkan kata "Julianto" tidak akan terbaca oleh program karena sebelum kata tersebut terdapat sebuah spasi.

Format yang digunakan:
Format
Keterangan
%c
Membaca karakter
%s
Membaca string
%i
Membaca bilangan bulat (integer)
%d
Membaca bilangan bulat (desimal)
%f
Membaca bilangan pecahan (float)
%e
Membaca bilangan pecahan (real)
%o
Membaca bilangan octal
%x
Membaca bilangan heksadesimal
%u
Membaca bilangan tak bertanda

Format Penulisan:

scanf("format", nama_variabel);

Contoh Penulisan :

#include <stdio.h>


int main()

{

    char nama[50];


    printf(" Masukan Nama Anda: ");

    scanf("%s", nama);


    printf("\n ===================================\n");

    printf("\n Nama : %s\n", nama);


    getch();

    return 0;

}

2. gets()

Jika kita menggunakan fungsi scanf untuk membaca data yang bertipe string, maka data tersebut hanya akan dibaca sampai ditemukan spasi. Misalnya nama “Matt Belammy” hanya kata “Matt” yang akan dibaca oleh program, sedangkan kata “Belammy” tidak terbaca karena sebelum kata tersebut program telah menemukan spasi/blank(space) yang mengakibatkan data ke varibel yang menyimpan nama dianggap selesai.

gets() hanya digunakan untuk memasukkan data bertipe string. Tidak seperti fungsi scanf(), fungsi gets() dapat membaca sebuah spasi (space). Misalnya kita masukkan nama "Denis Julianto", program akan membaca seluruh kata "Denis Julianto" dan menampilkannya secara utuh tanpa ada kata yang terpotong, kecuali pada pendeklarasian variabel kita membatasi jumlah karakter yang akan ditampilkan.

Format Penulisan :

gets(nama_variabel);

Contoh Penulisan :

#include <stdio.h>


int main()

{

    char nama[50];


    printf(" Masukan Nama Lengkap: ");

    gets(nama);


    printf("\n Nama : %s", nama);


    getch();

    return 0;

}

3. getchar()

getchar() digunakan untuk memasukkan data bernilai karakter ke dalam variabel yang hanya bertipe karakter (char).

Format Penulisan :

nama_variabel = getchar();

Contoh Penulisan :

#include <stdio.h>


int main()

{

    char karakter;


    printf(" Masukkan karakter : ");

    karakter = getchar();


    printf(" Karakter yang anda masukkan : %c", karakter);


    getch();

    return 0;

}

        Fungsi Output


1. printf()

printf() digunakan untuk menampilkan semua jenis data bilangan, karakter, maupun sebuah string.

Format Penulisan :

printf(" ");

Contoh Penulisan :

#include <stdio.h>


int main()

{

    int tahun;


    printf(" Masukkan tahun :");

    scanf("%i", &tahun);


    printf("\n Ini adalah program yang dibuat pada tahun %i.", tahun);


    getch();

    return 0;

}


2. puts()

Ada cara lain untuk menampilkan suatu keluaran(output) ke layar yaitu dengan menggunakan fungsi puts. Fungsi puts() digunakan untuk menampilkan data yang bertipe string dan secara otomatis akan pidah baris (new line).

puts() digunakan untuk menampilkan data bertipe string dan secara otomatis akan berpindah ke baris yang baru (new line), sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan "\n" untuk berpindah ke baris yang baru.

Format Penulisan :

puts(" ");

Contoh Penulisan :

#include <stdio.h>


int main()

{

    puts(" Nama Artikel : Fungsi Input dan Output pada Bahasa Pemrograman C.");

    puts(" Software yang digunakan : CodeBlocks.");

    puts(" Author : Denis Julianto.");


    getch();

    return 0;

}


3. putchar()

putchar() hanya digunakan untuk menampilkan satu buah karakter saja, sehingga setiap kata yang kita masukan hanya akan ditampilkan karakter pertamanya saja.

Format Penulisan :

putchar(nama_variabel);

Contoh Penulisan :

#include <stdio.h>


int main()

{

    char karakter;


    printf(" Masukkan Karakter : ");

    karakter = getchar();


    printf(" Karakter yang anda masukkan : ");

    putchar(karakter);


    getch();

    return 0;

}


Fungsi putchar ini hanya bisa menampilkan satu buah karakter saja sehingga apapun nilai yang kita masukkan hanya karakter pertama yang akan ditampilkan.

Berikut tampilan programnya (misal input nama "Randy"):



masukkan nama = Randy

inisial

R



Tambahan : Mengatur tampilan output data

Rumus sintaks :

printf(”%m,nf”, var)
m : Menyatakan banyaknya digit angka
n : Menyatakan banyaknya digit angka dibelakang koma
var : variabel bertipe float yang akan ditampilkan
Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.

    C.  HASIL DAN PERCOBAAN PROGRAM
1. Jalankan Aplikasi Bahasa Pemograman Dev C++
2. Klik File - New - Source File, maka akan tampil form baru
3. Simpan file dengan Menu: File-Save atau tekan tombol Ctrl-S (atau pilih Menu: File-Save As...untuk Mengganti nama File).
4. dan Masukan pengarah atau tanda dari Bentuk Umum Bahasa Pemograman Dev C++
Seperti Percobaan saya di Bawah ini…!!!
5. Untuk Melihat Hasilnya Cukup klik COMPILE atau COMPILE & RUN
Note #Jangan_sampai_ada_kesalahan…!!! Oke

·        LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM MENGGUNAKAN DEVC++
Inilah Hasil dari Percobaan Program Saya...!!!  

  1. Program Menghitung Luas Persegipanjang
-       Jalankan aplikasi DevC++
-          Klik File > New > Source File atau tekan Ctrl+N
-          Lalu ketikkan source code seperti gambar dibawah ini ;

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdVruXnP2S5y0LvzEgyNQCv3PgUpvGbwdUjyjlAdfZjG2ipzI0IPMtcYBo_cgiqALd3h6uKDtOSWETNhi6WA7sXK1JodERcqUYi1Xp-TlwL2rvjnsTH7OZPWVlwdcsoK8vNe0qBNI1Po8/s1600/Untitled.png

-         Setelah selesai simpan source filenya dengan menambahkan “.c” tanpa tanda kutip diakhir nama source filenya , lalu klik tombol Compile & Run pada aplikasi DevC++ atau tekan F11 . Maka , akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;
-         Untuk melakukan konversi Hasilnya : Luas = Panjang x Lebar = 5 x 2 = 10

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglPIQhrDdx0b08cZ6OJRwl-p8C3v62BJrMH5I_2Crw98BIL4SU5_iACNIEiblC1GKzTZ3qkSJ_tTPWwt_nZnclHRW4WMvVZ64pUr87XCLuS3e3bA-rps1Rw1kRSRHJI8YTUxVxYZ2D9j8/s1600/perpanj.png
  1. Program Menghitung Luas Lingkaran
-          Jalankan aplikasi DevC++
-          Klik File > New > Source File atau tekan Ctrl+N
-          Lalu ketikkan source code seperti gambar dibawah ini ;


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMoRNbjMxsGYtR0CA-ktYe0nKA1Ad6syprdUcaSq8BgEuh6OvOFhnQBsDwZXHQsrBfpqVAKRZcMdvJ_n6u-J2xbOlyusi-RwdtmQlsW2Lo0HINaswHGLU9qB3XyxS_qyfR54y5xXU8Qlw/s1600/1.png
-         Anda juga dapat memasukkan source code nya yang berbeda yaitu, const float phi = 3.14 dengan mengubah #define phi 3.14
      
      
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0EzKWKY-gJcXW6hDWiImU_jdwnPVJbzum18vs8_wpC5GaCmzCTOGeWg5hk3lrVpQwy3y_UL7vKy-Tr786wn88DaTj8AjR4XxRepk7xZslY1u7dgkXop05S3Swwm9iWjmyVswCt_abpyc/s1600/al1.png
-          Setelah selesai simpan source filenya dengan menambahkan “.c” tanpa tanda kutip diakhir nama source filenya , lalu klik tombol Compile & Run pada aplikasi DevC++ atau tekan F11 . Maka , akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;

-          Selanjutnya masukkan Hasilnya : Luas Lingkaran = Phi x jari2 x jari2 = 3.14 x 7 x 7 = 153.86

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqc-iuvd7BL6mvFew4wSGlb0CLx5uBCbs-6iebpVAfe2mQJR7TYuZ8YhxINxzRjvGM9AuyBQTzNkMWJtCXByHdD23EwKpL_vsGRPJAe3eDqqXYJ2hwB9iLyBj7YMe4WMlrq3gs3hbulFc/s1600/llingka.png



  1. Program Konversi Suhu => Celcius, Reamur, dan Farenheit

-          Jalankan aplikasi DevC++

-          Klik File > New > Source File atau tekan Ctrl+N

-          Lalu ketikkan source code seperti gambar dibawah ini ;




  

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTzP4QIFgghRpgC7O6nqxUJ3ZIHTkW1ENWsdnk9IhLoDNQY2emzSBqx9AinMrkRrNUpVt6FSfBXR-aPLPiPpl7mLHyoZZaPCqcaRmN-WLoXmgVCk5zp6zqmYebu3NR8kRAcAoW-aVOk3I/s1600/suhu.png-          Setelah selesai simpan source filenya dengan menambahkan “.c” tanpa tanda kutip diakhir nama source filenya , lalu klik tombol Compile & Run pada aplikasi DevC++ atau tekan F11 . Maka , akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;

          Hasilnya : 00 C = 00 R = 320 F



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYdZVbHDV4VVtxoS6B7FjyaA-04NM6dEvksGC0GWTpCBalwXG7TQy8ErbDsMCxb4VO1SohJJuZ9i5kSv-aQ2KFkb6FlDkMtGlrkkTvXxl6oPas-KLdPu7QonhlLgjGfGmBIbV4x0PIIwY/s1600/suhu2.png



4. Program Konversi (Detik ke hari, Jam, Menit, Detik)

-Rumus => 1 hari = 86400 detik; 1 jam = 3600 detik, dan 1 menit = 60 detik

-          Jalankan aplikasi DevC++
-          Klik File > New > Source File atau tekan Ctrl+N
-          Lalu ketikkan source code seperti gambar dibawah ini ;

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxWuU2XtE3wEI3zUn7AYpI_g2GTGEF6ginDeDQfaJka41EpqO48hRrBwy3Vy9ces50jX40tdOd75F7IoTNF-npa3S6y_hQ9E-Ffg1Bn9WE43HqD8GcACMcFqB4m0tfHGMhepZHWR5WvUo/s1600/konwak2.png

-          Setelah selesai simpan source filenya dengan menambahkan “.c” tanpa tanda kutip diakhir nama source filenya , lalu klik tombol Compile & Run pada aplikasi DevC++ atau tekan F11 . Maka , akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;
-          Selanjutnya ikuti semua prosedur yang tertera pada running text seperti gambar diatas lalu tekan enter , hasilnya seperti berikut ; Hasilnya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhw981cQTsBnWfzruu0I_6vj_7kcO2c3FrPf7IS43m5mZ8mrkkia4Jgyfu2Mrjg2IUXpN1_GJWx_x49HLkfUzBhA2hozgy5VguFDQ9378HoKtAfC-PKZyeD9RCfc6wJ3I4Ko7KxgIGDAjw/s1600/konwak.png
    
     D. KESIMPULAN      
1.      Dalam pengerjaan program bahasa C++, kita harus benar-benar teliti dalam menginputkan suatu fungsi untuk menampilkan suatu keluaran pada layar .
2.      Kita harus Jeli memilih Fungsi mana yg tepat untuk data yang akan kita inputkan.
3.      Kita harus benar-benar teliti dalam menginputkan data ke dalam suatu fungsi, karena jika salah sedikit saja, maka data yg kita inputkan akan ERROR.
Demikianlah Laporan Pratikum Bahasa Pemograman Dev C++ yang saya buat, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan penulisan. Harap Tinggalkan Kritik dan Saran di Kotak Komentar dibawah ini...!!! TERIMA KASIH   

Komentar

Meta Data

Laporan pratikum 2 algoritma pemograman

Jobsheet 1 PBO SMT2

Laporan Pratikum 4 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 5 algoritma pemograman

Jobsheet 3 PBO SMT2

Laporan Pratikum 7 algoritma pemograman