jobsheet 13 PBO SMT2

LAPORAN PRATIKUM
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
JAVA SWIG











Dosen Pembimbing :
Sri Nofri Wihandari, S.Pd


Disusun oleh :
Syafri Wardian
NIM : 18214046






PROGRAM STUDI D2 TEKNIK ELEKTRONIKA
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
PDD FAKULTAS TEKNIK
2019

A.    Tujuan
1.      Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu membuat progra menggunakan komponen-komponen visual
2.      Mahasiswa mampu membuat program sederhana untuk even handler pada komponen-komponen dasar.
3.      Mahasiswa mampu mengatur layout dari form yang dibuat menggunakan pemograman java.
4.      Mahasiswa mampu membuat program berbasis GUI

B.     Alat dan Bahan
1.      Personal Computer
2.      Aplikasi NetBeans

C.    Teori Singkat

D.    Langkah Kerja
ActionEvent
Contoh:
1.      Buatlah project baru dengan nama AplikasiEvent.
2.      Sesuaikan source code di file AplikasiEvent.java dengan gambar berikut:
 



3.      Jalankan file AplikasiEvent.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:

Penjelasan program:
method AksiReaksi() digunakan untuk menempatkan kode-kode program event handler. Pada contoh di atas, terdapat dua event handler yaitu penekanan mouse pada tombol operasi dan penekanan mouse pada tombol exit. Reaksi yang timbul akibat klik mouse pada tombol operasi dan exit diimplementasikan dengan kode berikut:
operasi.addActionListener(new ActionListener(){
            public void actionPerformed(ActionEvent e){
                ...
        });
       
        exit.addActionListener(new ActionListener(){
            public void actionPerformed(ActionEvent e){
                ...
        });

dalam method public void actionPerformed(ActionEvent e) inilah efek yang timbul akibat penekanan klik mouse pada tombol operasi dan exit kita tuliskan.
int x = Integer.parseInt(data1.getText());
          int y = Integer.parseInt(data2.getText());
dua baris kode tersebut di atas mempunyai tugas yang sama yaitu mengambil nilai dari JtextField dengan cara data1.getText(), mengubahnya dari String menjadi Integer.parseInt dan menyimpan nilainya ke dalam variabel x dan y.

String z = String.valueOf(x+y);
Baris perintah di atas digunakan untuk melakukan proses penjumlahan kedua input data x dan y, kemudian mengubah tipe datanya menjadi String agar hasilnya dapat ditampilkan melalui JtextField hasil dengan menggunakan sintaks:
hasil.setText(z);
pada tombol exit diberikan sintaks System.exit(0) agar aplikasi berhenti bila tombol exit diklik.

A.    Evaluasi dan Penugasan
1.      Buatlah sebuah program menggunakan Event Handler yang dapat menghasilkan tampilan seperti di bawah ini:
1.      Buka aplikasi NetBeans
2.  Buat New Project seperti biasa dengan nama seperti dibawah ini (Semuaakanberakhir.java)
3.      Ketikkan script dibawah ini !



4.      Jalankan program tersebut dengan klik Run dan hasilnya seperti ini.

        5. Berikut gambar di atas adalah tampilan hasil run dari program konsep polymorphisme dengan sebuah class hewan.


Demikian lah hasil yang dapat saya sampaikan jikan ada kekurangan mohon dimaaf kan, semoga bermanfaat bagi anda semua, sekian terimakasih...!!!
Itulah hasil pratikum yang sudah ananda buat, semoga bermanfaat.

Komentar

Meta Data

Laporan pratikum 2 algoritma pemograman

Jobsheet 1 PBO SMT2

Laporan Pratikum 3 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 4 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 5 algoritma pemograman

Jobsheet 3 PBO SMT2

Laporan Pratikum 7 algoritma pemograman