jobsheet 12 PBO SMT2


LAPORAN PRATIKUM
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
KOMPONEN GUI











Dosen Pembimbing :
Sri Nofri Wihandari, S.Pd


Disusun oleh :
Syafri Wardian
NIM : 18214046





PROGRAM STUDI D2 TEKNIK ELEKTRONIKA
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
PDD FAKULTAS TEKNIK
2019


A.    Tujuan
1.      Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu membuat progra menggunakan komponen-komponen visual
2.      Mahasiswa mampu membuat program sederhana untuk even handler pada komponen-komponen dasar.
3.      Mahasiswa mampu mengatur layout dari form yang dibuat menggunakan pemograman java.
4.      Mahasiswa mampu membuat program untuk menggambar bentuk-bentuk grafik primitive seperti garis, kotak, sehingga, dll.
5.      Mahasiswa mampu membuat program berbasis GUI

B.     Alat dan Bahan
1.      Personal Computer
2.      Aplikasi NetBeans

C.    Teori Singkat
BorderLayout
CardLayout
CheckboxGroup                Button
Color                                 Canvas
Componen                         Checkbox                                Applet
Dimension                         Choice             Panel
Event                                 Container        Window          Dialog             FileDialog
Font                                   Label               ScrollPane       Frame
FlowLayout                      List
FontMetrics                       Scrollbar
Graphics                            TextComponent          TextArea
GridBagLayout                                                     TextField
GridLayout
Image
Insets
MenuComponent
Point
Polygon
Rectangle                          MenuBar
Toolkit                               MenuItem       Menu                               PopupMenu
                                                                  CheckboxMenuItem


D.    Langkah Kerja
Konsep Pemograman Berbasis Objek
Contoh:
1.      Buatlah project baru dengan nama Lingkaran.
2.      Sesuaikan source code di file Lingkaran.java dengan gambar berikut:



3.      Buat file java class baru dengan nama “Tabung” di package transportasi. File Tabung mengextends class Lingkaran.
4.      Sesuaikan source code di file Tabung.java dengan gambar berikut:

5.      Jalankan file Tabung.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:


Komponen-komponen Visual
1.      Buat lah sebuah projek dengan nama “AplikasiPenilaian”.
2.      Untuk menampilkan nama pada JFrame ketikan koding sbb pada class “ApplikasiPenilaian” :

3.      Coba jalankan maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

4.      Untuk menampilkan JLabel. Tambahkan koding berikut masih di class “ApplikasiPenilaian” . masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :
5.      Jalankan makan keluar hasil sbb :

6.      Untuk menampilkan JTextField. Tambahkan koding berikut masih di class “ApplikasiPenilaian” . masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :


7.      Jalankan makan keluar hasil sbb :

8.      Untuk menampilkan JButton. Tambahkan koding berikut masih di class “ApplikasiPenilaian” . masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :


9.      Jalankan makan keluar hasil sbb :


10.  Untuk menampilkan JRadioButton. Tambahkan koding berikut masih di class “ApplikasiPenilaian” . masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :


11.  Jalankan program, maka akan tampil tampilan seperti gambar berikut:

E.     Evaluasi dan Penugasan

Aplikasi Penilaian Hasil Studi (Evaluasi)

1.      Buka aplikasi NetBeans
2.      Buat New Project dengan nama HasilStudi
3.      Selanjutnya ketikkan script berikut ini.


4.      Terakhir jalankan program anda dengan klik tombol Run.


Itulah hasil pratikum yang sudah saya buat, semoga bermanfaat.

Komentar

Meta Data

Laporan pratikum 2 algoritma pemograman

Jobsheet 1 PBO SMT2

Laporan Pratikum 3 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 4 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 5 algoritma pemograman

Jobsheet 3 PBO SMT2

Laporan Pratikum 7 algoritma pemograman