Jobsheet 2 PBO SMT2

LAPORAN PRATIKUM TEKNIK ELEKTRONIKA
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK















Disusun Oleh :
SYAFRIWARDIAN
NIM : 18214041

Dosen Pembimbing :
Sri Nofri Wihandari, S.Pd, S.Kom







PROGRAM STUDI D2 TEKNIK ELEKTRONIKA
RINTISAN AKADEMI KOMUNITAS PADANG PARIAMAN
PROGRAM STUDI DILUAR DOMISILI (PDD)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2019

Laporan Jobsheet 2 Pemograman Berorientasi Objek
PENGENALAN OOP
A.   Tujuan Praktikum
1.     Mampu memahami konsep OOP.
2. Mampu menggunakan dan memahami pembuatan program sederhana menggunakan IDE Netbeans.
B.   Alat dan Bahan
1.     Personal Computer
2.     Aplikasi Netbeans
C.   Teori Singkat
1.     Objek
Objek adalah kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi.
2.     Kelas
Kelas adalah pemodelan dari objek yang berisi informasi (aturan) tentang sifat karakteristik (data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki oleh objek tersebut.
3.     Instance
Instans adalah Perwujudan
Dalam istilah pemrograman, objek merupakan instans (perwujudan) dari suatu kelas. Instansiasi adalah proses perwujudan kelas menjadi objek.
4.     Data ßàVariabel ßàProperty
Data adalah sifat karakteristik yang dimiliki oleh objek. Data juga dianalogikan sebagai variabel, property, atau atribut.
5.     Method ßà Prosedur/Fungsi ßà Behaviour
Method adalah prosedur atau fungsi yang dimiliki oleh suatu objek. Method juga dianalogikan sebagai prosedur, fungsi, atau behaviour.
D.   Langkah Kerja
MamaliaDarat.java
1.     Buka aplikasi NetBeans pada PC Anda
2.     Kemudian Buat Project baru dengan cara klik File kemudian klik  New  Project maka akan tampil:

3.     Kemudian pilih java Application klik next
4.     Selanjutnya ketik dengan nama “MamaliaDarat”. Klik finish

5.     Selanjutnya  Perbaiki source code pada file MamaliaDarat.java menjadi seperti gambar berikut:

6.     Setelah selesai Kemudian Jalankan program dengan klik Run file
7.     Sehingga  akan tampil hasilnya seperti gambar berikut:


DemoMatematika.java
1.     Buatlah project baru dengan nama “DemoMatematika”.
2.     Kemudian sesuaikan source code file DemoMatematika.java menjadi seperti gambar berikut:

3.     Selanjutnya Jalankan program dengan klik Run file, sehingga akan tampil hasilnya seperti gambar berikut:

DemoKonversiSuhu.java
1.     Buatlah project baru dengan nama “DemoKonversiSuhu”.
2.     Sesuaikan source code file DemoKonversiSuhu.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
3.     Kemudian  Jalankan program tersebut dengan klik Run file, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:

E.   EVALUASI DAN PENUGASAN
1.     Buatlah sebuah program yang dapat menampilkan ikon beberapa negara dengan berpanduan kepada program “MamaliaDarat”!
Contoh:
Negara
Ciri Khas
Indonesia
Candi Borobudur
Mekkah
Ka’bah
Malaysia
Menara Kembar
China
Tembok Besar China
India
Tajmahal
-         Buatlah project baru dengan nama “CiriKhasNegara” klik finish
-         Sesuaikan source code file CiriKhasNegara.java menjadi seperti gambar di bawah ini
 
-         Kemudian  Jalankan program tersebut dengan klik Run file, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:

2.     Buatlah sebuah program konversi untuk mata uang, Rupiah ke Dollar dan Dollar ke Rupiah!
-         Buatlah project baru dengan nama “KonversiMataUang”
-         Sesuaikan source code file KonversiMataUang.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
 -         Kemudian  Jalankan program tersebut dengan klik Run file, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:

F.    Kesimpulan
Pembuatan program dengan Netbeans IDE ini lebih memudahkan kita, karena kita tinggal melengkapi programnya saja tetapi yang harus diperhatikan kita harus benar-benar teliti mengetikkan source codenya  karena apabila ada yang tertinggal ataupun salah dalam mengetikkannya maka programnya akan merah dan tidak  bisa dijalankan.

Komentar

Meta Data

Laporan pratikum 2 algoritma pemograman

Jobsheet 1 PBO SMT2

Laporan Pratikum 3 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 4 algoritma pemograman

Laporan Pratikum 5 algoritma pemograman

Jobsheet 3 PBO SMT2

Laporan Pratikum 7 algoritma pemograman