Jobsheet 2 PBO SMT2
LAPORAN
PRATIKUM TEKNIK ELEKTRONIKA
PEMOGRAMAN
BERORIENTASI OBJEK
Disusun
Oleh :
SYAFRIWARDIAN
NIM
: 18214041
Dosen
Pembimbing :
Sri
Nofri Wihandari, S.Pd, S.Kom
PROGRAM STUDI D2
TEKNIK ELEKTRONIKA
RINTISAN AKADEMI
KOMUNITAS PADANG PARIAMAN
PROGRAM STUDI
DILUAR DOMISILI (PDD)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
Laporan Jobsheet 2 Pemograman Berorientasi Objek
PENGENALAN OOP
A. Tujuan Praktikum
1. Mampu memahami konsep OOP.
2. Mampu
menggunakan dan memahami pembuatan program sederhana menggunakan IDE Netbeans.
B. Alat dan Bahan
1. Personal Computer
2. Aplikasi Netbeans
C. Teori Singkat
1. Objek
Objek adalah
kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu sistem
atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi.
2. Kelas
Kelas adalah
pemodelan dari objek yang berisi informasi (aturan) tentang sifat karakteristik
(data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki oleh objek tersebut.
3. Instance
Instans
adalah Perwujudan
Dalam
istilah pemrograman, objek merupakan instans (perwujudan) dari suatu kelas.
Instansiasi adalah proses perwujudan kelas menjadi objek.
4. Data ßà Variabel ßà Property
Data adalah
sifat karakteristik yang dimiliki oleh objek. Data juga dianalogikan sebagai variabel, property, atau atribut.
5. Method ßà Prosedur/Fungsi ßà Behaviour
Method
adalah prosedur atau fungsi yang dimiliki oleh suatu objek. Method juga
dianalogikan sebagai prosedur, fungsi, atau
behaviour.
D.
Langkah Kerja
MamaliaDarat.java
1. Buka aplikasi NetBeans pada PC Anda
2. Kemudian Buat Project baru dengan
cara klik File kemudian klik New
Project maka akan tampil:
3. Kemudian pilih java Application klik
next
4. Selanjutnya ketik dengan nama
“MamaliaDarat”. Klik finish
5. Selanjutnya Perbaiki source code pada file
MamaliaDarat.java menjadi seperti gambar berikut:
6. Setelah selesai Kemudian Jalankan
program dengan klik Run file
7. Sehingga akan tampil hasilnya seperti gambar berikut:
DemoMatematika.java
1. Buatlah project baru dengan nama
“DemoMatematika”.
2. Kemudian sesuaikan source code file
DemoMatematika.java menjadi seperti gambar berikut:
3. Selanjutnya Jalankan program dengan
klik Run file, sehingga akan tampil hasilnya seperti gambar berikut:
DemoKonversiSuhu.java
1. Buatlah project baru dengan nama
“DemoKonversiSuhu”.
2. Sesuaikan source code file
DemoKonversiSuhu.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
3. Kemudian Jalankan program tersebut dengan klik Run
file, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:
E.
EVALUASI DAN PENUGASAN
1. Buatlah sebuah program yang dapat
menampilkan ikon beberapa negara dengan berpanduan kepada program
“MamaliaDarat”!
Contoh:
Negara
|
Ciri Khas
|
Indonesia
|
Candi
Borobudur
|
Mekkah
|
Ka’bah
|
Malaysia
|
Menara
Kembar
|
China
|
Tembok
Besar China
|
India
|
Tajmahal
|
-
Buatlah
project baru dengan nama “CiriKhasNegara” klik finish
-
Kemudian Jalankan program tersebut dengan klik Run
file, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:
2. Buatlah sebuah program konversi
untuk mata uang, Rupiah ke Dollar dan Dollar ke Rupiah!
-
Buatlah
project baru dengan nama “KonversiMataUang”
-
Sesuaikan
source code file KonversiMataUang.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
-
Kemudian Jalankan program tersebut dengan klik Run
file, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:
F.
Kesimpulan
Pembuatan
program dengan Netbeans IDE ini lebih memudahkan kita, karena kita tinggal
melengkapi programnya saja tetapi yang harus diperhatikan kita harus
benar-benar teliti mengetikkan source codenya
karena apabila ada yang tertinggal ataupun salah dalam mengetikkannya
maka programnya akan merah dan tidak
bisa dijalankan.
Komentar